Selasa, 29 Januari 2013

Cara Install Linux Mint 13 Mate




Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara menginstall linux mint 13 mate
Berikut stepbystep nya:

Jika teman2 belum punya iso nya bisa download disini 

PILIH INSTAL LINUX MINT

lalu selanjutnya

Memilih Bahasa

LinuxMint Select Language


Pada layar terdapat beberapa pilihan bahasa. Bahasa yang anda pilih nantinya akan menjadi bahasa default desktop anda. Saya memilih bahasa Inggris.

Memeriksa Persyaratan Minimum

 

prepare requirements


Untuk peringatan terakhir, ketiadaan koneksi jaringan bisa diabaikan. lanjutkan dengan mengklik forward.

Memilih Jenis Instalasi

Selanjutnya kita akan memilih jenis instalasi yang akan dilakukan. Baca baik-baik petunjuknya lalu putuskan.


linuxmint install type
  1. Pilihan pertama adalah menginstall multi OS. 
    Jika anda belum mempersiapkan partisi khusus, anda dapat membuatnya langsung disini. Installer akan mengambil ruang kosong dari partisi yang telah ada.
  2. Pilihan kedua adalah menghapus semua hardisk. 
    Pilih ini jika anda memiliki hardisk baru atau ingin menggunakan keseluruhan hardisk dan menghapus sistem operasi sebelumnya.
  3. Pilihan ketiga adalah membuat pilihan sendiri. 
    Pilih ini jika anda ingin mengatur partisi apa yang akan digunakan. Pilih ini jika anda ingin membuat partisi khusus selain partisi default (/, /home dan swap) yang dibuat 2 metode instalasi sebelumnya.

Membuat Partisi untuk Linuxmint

Saya memilih pilihan ketiga karena akan menggunakan partisi sebelumnya yang telah digunakan oleh Ubuntu. Pertama kali saya membuat (lebih tepatnya mengalokasikan) partisi untuk system atau root ( / ). Saya mengalokasikan 5 Giga dan system file ext4 untuk ini. Saya juga memilih untuk mem-formatnya.


root partition


Kemudian saya membuat partisi untuk home, tempat data-data akan disimpan. Partisi lama saya menggunakan ext3, di partisi ini masih tersimpan file-file pekerjaan, film, musik dan sebagainya.
Untuk partisi /home saya memilih partisi yang telah ada, meng-assign format ext3 (sama dengan tipe filesystem sebelumnya) serta TIDAK memformatnya. Lain halnya jika anda membuat partisi baru, harus diformat.


home partition


Selanjutnya dalah membuat partisi swap. Partisi swap ini sebenarnya bersifat opsional, jika RAM anda besar mungkin anda tidak perlu menggunakan partisi swap. Jika sebaliknya, ada baiknya membuat partisi swap. Formula yang populer adalah 2x kapasitas total RAM anda.


swap partition


Setelah selesai, anda siap untuk proses peng-copy-an. Pastikan partisi yang anda buat tidak salah, jangan sampai anda memformat partisi yang berisi data. Jika sudah barulah menekan tombol Install Now.


final partition

 Memilih Zona Waktu

time zone


Selanjutnya adalah memilih zona waktu. Ini juga akan menentukan setting regional (seharusnya), seperti format mata uang, format waktu dan lainnya yang berkaitan. Sayangnya, ini tidak terjadi :-(

Memilih Layout Keyboard

pada pemilihan keyboard saya membiarkannya pada pilihan default dan langsung menekan forward.


select keyboard

Membuat User Baru

Di tahap ini kita membuat user baru. Jika anda memiliki user sebelumnya di partisi /home yang telah dialokasikan, gunakan username yang sama.


users


Enkripsi /home bisa juga anda pilih untuk keamanan tambahan :-) Ditahap selanjutnya, anda sudah bisa bersantai. Sambil menunggu instalasi selesai silahkan menikmati slideshownya :-)


slideshow

Instalasi Selesai

Jika sudah selesai, silahkan reboot atau melanjutkan menggunakan livecd.


install finish


Tampilan login baru ala Linuxmint dan MATE :-)
Semoga Bermanfaat:D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar