Selasa, 29 Januari 2013

Manfaat LAN

Manfaat LAN antara lain :
  1. Resource sharing
  2. Resource sharing bertujuan agar seluruh program (software), peralatan, khususnya data bisa digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
    User bisa berkomunikasi dengan yang lain dan mentransfer data antar workstation dengan sangat mudah.
  3. Akan mendapatkan reliable tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan.Misalnya, semua file dapat tersalin ke dua atau tiga buah mesin. Sehingga bila salah satu mesin tersebut tidak terpakai (akibat adanya masalah pada perangkat kerasnya), maka salinan lainnya yang ada pada mesin lain dapat digunakan.
  4. Dapat menghemat uang
  5. Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan sepuluh kali lipat kecapatan komputer pribadi.
    Akan tetapi, harga mainframe seribu kali lebih mahal. Ketikaseimbangan rasio harga ini menyebabkan untuk membangun sistem yang terdiri dari komputer pribadi. Workstation bisa berbagi peralatan seperti printer, tentunya ini akan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli sebuah printer untuk satu workstation.
  6. Keamanan data lebih terjamin
  7. Sepanjang jaringannya dipasang dengan firewall yang baik maka jaringan tersebut akan membuat serangan dari luar menjadi sulit. Memungkinkan seseorang administrator dalam jaringan dapat mengontrol data-data yang penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.
  8. Meningkatkan keefektifkan pekerjaan
  9. Paperless
  10. Paperless adalah mengurangi penggunaan kertas. Kita ketahui bahwa bahan pembuatan kertas adalah pohon.
    Kita ketahui juga bahwa pohon di bumi ini semakain hari semakin berkurang.
    Oleh karena itu selain pengurangan penggunaan kertas membuat biaya operasional semakin mengecil, kita juga dapat membantu sedikit dengan penyelematan bumi. Hehehe...
  11. Pengaturan data
  12. Komputer dalam lingkungan bisnis, dengan adanya jaringan tersebut memungkinkan seorang administrator untuk mengorganisasi data-data yang penting dan melakukan back up sesuai dengan kebijakan perusahannya.
  13. Hardware sharing
  14. Dengan adanya jaringan, maka dapat membuat alat dengan nama printer server yang dapat dipakai bersama dalam satu jaringan, begitu juga dengan alat lain seperti scanner
    Tentunya ini juga akan membuat keuangan menjadi lebih effesien karena tidak perlunya membeli satu printer untuk satu komputer.

1 komentar: