Senin, 28 Januari 2013

fungsi hardisk




http://static.ddmcdn.com/gif/adding-a-hard-disk-1-1.jpg


Fungsi /kegunaan Hardisk
  • Harddisk merupakan ruang simpan utama di dalam sebuah computer. Di situ seluruh sistem operasi dan kerja penyimpanan dijalankan, setiap data dan informasi disimpan.
  • Dalam satu harddisk, terdapat berbagai macam folder (,\ subdirektori, subfolder), yang masing-masing dikelompokkan berdasarkan fungsi dan kegunaannya. Di situlah data-data diletakkan.
  • Ruang kecil dalam harddisk bekerja dan berkerjasama (interdependent). Data/info dalam satu ruang kadangkala diperlukan untuk menggerakkan data/ info yang berada di ruang lain. Ada ruang di dalamnya tidak boleh ditukar-tukar atau dipindahkan ke tempat lain, ada ruang di mana kita boleh membuang dan memasukan data secara berganti sesuai dengan keperluan kita.
  • Harddisk terdiri atas beberapa komponen penting. Komponen utamanya adalah plat yang berfungsi sebagai penyimpan data. Plat ini adalah satu cakera padat yang berbentuk bulat , kedua sisi di atasnya dilapisi dengan material sehingga memiliki pola-pola magnet. plat ini ditempatkan dalam suatu kedudukan yang disebut spindle.
Huraian:
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanent.
Hard disk menyimpan bermacam-macam info, salah satunya info mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, dan OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan. Hard disk IDE mempunyai 4 tingkatan kelas, masing-masing Ultra DMA/33, Ultra DMA/66, Ultra/100, dan Ultra DMA/133. DMA singkatan dari Direct Memory Access yang berfungsi untuk meningkatkan transfer data. Maksud Ultra DMA/33 adalah daya transfer rata-ratanya 33 MBps. Jadi,Ultra DMA/133 sama dengan transfer datanya 133 MBps. IDE yang terbaru menggunakan SATA {serial ATA} yang sebelumnya menggunakan paralel ATA. Penggunaan hard disk jenis SATA kecepatan transfernya lebih cepat daripada paralel ATA.

Hard disk lambat laun mengalami peningkatan dalam hal kapasiti penyimpanan data. Pada masa Windows 3.1, penggunaan hard disk dengan ukuran 300 MB sudah cukup. Pada Windows 98,hard disk dengan ukuran 8.3 GB sudah lebih dari cukup. Untuk pemakaian hard disk yang intensif, ukuran tersebut sangat kurang, apalagi menggunakan OS yang baru dan program yang baru pula. Mungkin untuk ukuran standar, hard disk yang dipakai sekarang adalah 160 GB atau lebih tergantung kepada keperluan anda.

Kecepatan putaran hard disk bermacam-macam, antara lain 5400 RPM, 7200 RPM, atau lebih. Putaran yang dihasilkan hard disk yang memiliki RPM 7200 lebih bising daripada 5400 RPM, akibatnya hard disk menjadi lebih cepat panas. Anda memerlukan kipas pendingin untuk mendinginkan dan menjaga peranti ini dapat hidup bertahan lama.
Demikianlah penjelasan dari saya tentang Hardisk

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar