Senin, 28 Januari 2013

Fungsi Repeater Jaringan Atau Network Repeater


repeater jaringanSebuah repeater jaringan atau Network Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk memperluas batas-batas dari daerah jaringan kabel lokal (LAN) atau nirkabel (WiFi). Di masa lalu, repeater jaringan kabel yang digunakan untuk menggabungkan segmen Ethernet kabel.
Repeater akan memperkuat sinyal data sebelum mengirimkan mereka ke segmen uplinked, sehingga sinyal dapat diperluas jangkauannya dari pada kawat. Jaringan Ethernet Modern menggunakan perangkat switching lebih yang canggih, menggantikan perangkat nirkabel dari repeater jaringan yang lebih populer untuk digunakan dengan LAN nirkabel (WLAN) di tempat kerja dan rumah.
Fungsi Repeater Jaringan Atau Network Repeater menawarkan kenyamanan yang sulit diatasi oleh sistem Wifi terdahulu, berupa Router. Penghalang dan perangkat elektronik umumnya dapat mengganggu dan menurunkan kekuatan sinyal Router. Hal ini dapat membuat sulit untuk mendapatkan signal dari ruang bawah tanah, ruang belakang, atau kantor di lantai atas, tergantung pada penempatan router nirkabel dan variabel lainnya. Sebuah repeater jaringan nirkabel dapat jawabannya.
Sebuah repeater jaringan WiFi akan mengambil sinyal dari router nirkabel dan memperkuat signal itu, menyebarkan kekuatan sinyal untuk meningkatkan jarak dan jangkauan WLAN. Sebagai contoh, asumsikan sebuah kantor di lantai atas hanya mendapat sinyal lemah dari router yang terletak di ruang bawah tanah. Bangunan ini mungkin memiliki infrastruktur baja, dan signal mendapat gangguan dari telepon nirkabel dan bentuk gangguan lain. Salah satu pilihan adalah untuk merelokasi router di lantai lain untuk melihat apakah seluruh bangunan dapat ditutupi, tapi ini tidak selalu nyaman.
Pilihan lain adalah memasang sebuah repeater jaringan di lantai bawah, pertengahan antara ruang bawah tanah dan kantor di lantai atas. Repeater akan memperbesar sinyal yang cukup untuk mendapatkan cakupan yang baik di lantai atas. Jika bangunan cukup besar, beberapa jaringan repeater dapat ditempatkan secara strategis untuk “menarik” sinyal mana yang diperlukan, meskipun konsep ini ada batasnya. Perangkat berkomunikasi dengan repeater jaringan menengah akan memiliki statistik kinerja yang lebih rendah dibandingkan berkomunikasi secara langsung dengan router.
Ketika membeli sebuah repeater jaringan nirkabel ada beberapa hal yang perlu diingat. Yang pertama adalah kompatibilitas. Repeater harus kompatibel dengan router, jadi periksa daftar perangkat yang kompatibel. Juga, pastikan repeater mendukung jenis LAN nirkabel; 802.11b atau 802.11g. Lebih baru, lebih cepat dari mode 802.11n yang mungkin tersedia. Jika jaringan nirkabel dibundel dengan WEP (Wired Equivalent Privacy) atau WPA (WiFi Protected Access), periksa bahwa repeater jaringan juga akan mendukung. ini.
Selain itu, ada dua jenis repeater tersedia: yaitu dengan antena eksternal dan dengan antena internal.
Repeater jaringan yang tersedia dengan kisaran harga dari sekitar $ 50 US Dolar (USD) sampai lebih dari $ 200 USD. Sederhana diinstal dan repeater jaringan dapat menjadi tambahan yang sangat berharga untuk rumah atau kantor WLAN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar