Senin, 28 Januari 2013

Pengertian Collision Domain




Sebuah jaringn terdiri dari 2 bagian yaitu, secara fisik dan secara logis. Collision domain adalah salah satu segmen jaringan logis dimana paket-paket data tersebut dapat saling bertabrakan / berbenturan. 

Salah satu protokol yang paling umum digunakan ketika mengacu pada sebuah collision domain adalah Ethernet protokol. Ethernetadalah teknologi jaringan komputer untuk Local Area Network (LAN)atau lebih simpelnya colokan kabel LAN untuk dihubungkan pada komputer atau laptop.
Collision domain ditemukan dalam hub (perangkat untuk menghubungkan beberapa Ethernet) lingkungan di mana setiap segmen terhubung ke tuan rumah hub yang merepresentasikan hanya satu collision domain dan satu broadcast domain . Collision domain juga ditemukan dalam jaringan nirkabel seperti Wi-Fi.
Jaringan kabel modern menggunakan switch jaringan untuk menghilangkan tabrakan. Dengan menghubungkan setiap perangkat secara langsung ke port pada switch, baik setiap port pada switch menjadi sendiri tabrakan domain nya (dalam kasus setengah duplex link) atau kemungkinan tabrakan dihilangkan sama sekali dalam kasus full duplex link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar